Senin, 28 November 2011

Trip Mancing, Tanker Parkir Jembatan 5, 26 November 2011

Hari Rabu kemarin ada demo buruh di batam. Berlanjut sampai hari kamis. Hari Jum'at saya berangkat kerja seperti biasa, ternyata di area tanjung uncang ada sweeping sehingga semua karyawan tertahan di depan gate depan yard.

Manajemen mengambil keputusan untuk memulangkan semua karyawan. Jum'at malam dapat sms pemberitahuan dari HR bahwa hari Sabtu (besoknya) diliburkan, karyawan diharapkan masuk pada hari Seninnya.

SMS sana-sini, tiba-tiba aja ada ajakan mancing dari Pak Freddy. Tujuan ke sekitar Jembatan 5 - Pulau Abang. Berangkat pagi jam 05.30 dari rumah, kita berangkat berenam, Saya, Pak Freddy, Pak Roberto, Mas Adit, Dik Ruben. Yang terakhir angler junior anak Pak Roberto.

Ruben, Angler Junior
Kali ini kita mancing sama tekong jembatan 5 Pak Yunus, meskipun beliaunya tinggal di Batuaji tetapi kapal parkir di Jembatan 5. Kita tancap gas nyampe jembatan 5 jam 06.30 an. Pak Yunus dah nunggu rupanya, tak tunggu lama langsung aja bongkar muat alat2 dari mobil ke kapal.

Kapal pancung pake mesin tempel 40 PK, kenceng poolll. Pak Yunus nanya, bawa umpan seger nggak, kalo umpan seger mancing dasaran dulu. Tapi kita ngebet pengen nyelar ke tanker parkir, bukan kita deng, kawan-kawan yang lain, kalau saya sih dah pernah nyelar sebelumnya.

Spot pertama di area Tanker Parkir, ikan target selar tapi yang naik banyak tamban, angler pemula, tamban naik pun pada seneng, sampai jam 11 siang kita masih nguras tamban di tanker parkir ini. Setelah beberapa saat kita putuskan untuk ke spot kedua, tanker parkir juga 2 biji. Kira-kira 2 km dari tanker parkir yang pertama.

Mas Adit dan Pak Freddy di dekat tanker parkir

Ngrawe selar

Di spot kedua ini kita nggak banyak ikan berhasil naik. Saya yang pertama kali turun beroleh ikan selar beberapa ekor, habis itu yang naik mengkerong aja banyak. Maklum Sabiki yang saya pakai saya kasih umpan udang.

Mengkerong, preman di kawasan Pulau Abang
Ngrawe tamban di Rumpon
Karena arus kenceng kapal nggak bisa lego jangkar, akhirnya kita putuskan geser ke spot yang ketiga. Rumpon di area dekat jembatan 5. Di spot ini incaran kami selar papan, alih-alih ikan selar papan yang banyak naik malah tamban. Tapi tamban yang naik lebih parah daripada di area tanker parkir, kalo mata sabiki 8, pasti full keisi tamban semua 8 ekor.

Setelah kita puas narik tamban, kita putuskan untuk mancing dasaran. Pindah ke spot ke empat, dekat-dekat aja dengan jembatan 5. Lumayan juga disini beberapa ekor ikan karang seperti kerapu puyut, tokak dll naik. Saya sekali strike ikan besar, sampai joran Shimano saya meliuk-liuk, saya tahan 3 menit, tali putus, maklum masih pake sabiki nomor 10, bukan pake perambut untuk dasaran.

Kita pulang jam 5 sore karena ada awan mendung gelap, dan benar belum sampai ke pelabuhan pun kita dah diguyur hujan deras. Tapi secara overall, trip kali ini bisa dibilang sukses. Hasil perolehan ikan tamban 12 kg, selar 3,5 kg ditambah ikan lainnya total perolehan trip kali ini sekitar 23 kgan.

Coolbox penuh sama Tamban

Mejeng dulu sebelum bongkar ikan