Minggu, 01 Mei 2011

Mengajak Si Kecil Naik Pesawat - Lanjutan

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang beberapa tips yang bisa kita lakukan saat mengajak si kecil naik pesawat. Akhirnya kejadian juga pada tanggal 30 April kemarin. Saya pulang ke Semarang menjemput si kecil dan ibunya.

Tsaqif, jagoan kecil yang saya jemput kemarin

Kebetulan anak saya berusia 7 bulan saat saya ajak naik pesawat kemarin. Dan Alhamdulillah kemarin selama perjalanan dari Semarang ke Batam anak saya tidak rewel. Padahal kemarin transit di Jakarta kurang lebih 2 jam.

Dari tips-tips kemarin ada yang ingin saya tambahkan dari pengalaman pribadi saya sekeluarga.
  1. Usahakan agar anak terus tertidur pulas saat dalam perjalanan terutama di dalam pesawat. Si kecil akan tertidur jika dia capek dan mengantuk. Jadi beberapa saat sebelum perjalanan dimulai, saat boarding atau transit ajaklah si kecil bercanda dan bermain-main. Saat mengudara di atas pesawat biasanya dia akan tertidur pulas. 
  2. Kenalilah si kecil lebih dalam lagi. Kemarin hal ini benar-benar membantu saya. Tapi tentu saja ini menjadi bagian ibunya si kecil (istri saya berarti, : o ). Karena di kasus saya, saya berpisah dengan si kecil semenjak dia berusia 2 minggu sampai sekarang baru saya ajak ke Batam. Ibunya si kecil ternyata paham sekali dengan gerak tingkah dan tanda-tanda yang di berikan si kecil. Contoh saat si kecil menangis sambil menarik-narik baju saya pikir dia kegerahan ternyata dia minta diasupi ASI si ibu. Ketika dia menangis sambil menggerakkan tangannya, cukup dikasih botol aqua kosong untuk mainan maka si kecil akan terdiam. Dan banyak contoh lagi yang ternyata si ibunya paham bener.
Mungkin itu tips-tips tambahan yang mungkin berguna untuk persiapan saat kita berencana untuk mengajak si kecil berpergian jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar